Daun Sukun Manfaat

Daun Sukun Manfaat – Sukun (Artocarpus artilis) termauk kelas Dicotiledonae, ordo Urticales, famili Moraceae, dan genus Artocarpus merupakan tanaman perkarangan yang sudah berabad-abad dikenal di nusantara. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Kepulaun Nusantara sampai Papua. Tanaman sukun merupakan tanaman yang berbuah musiman dengan masa panen raya pada bulan Januari-Februari dan panen susulan pada bulan Juli-Agustus. Waktu berbunga dan berbuah terjadi pada saat musim kemarau.

Daun Sukun Manfaat

Daun Sukun Manfaat

Saat ini memang belum banyak yang mengetahui manfaat dari daun sukun, masyarakat umum hanya mengetahui pemanfaatan dari tanaman sukun pada buah sukun saja. Namun sebenarnya tanaman sukun memiliki manfaat yang dapat diambil dari berbagai bagian tanaman sukun, termasuk daun sukun. Daun sukun ternyata memiliki nilai manfaat bagi kesehatan manusia, meski belum banyak yang mengetahuinya.

TANAMAN DAUN SUKUN

Buah sukun yang masih muda ternyata bermanfaat karena mengandung kandungan sebesar :

  1. Protein 1,4 gram
  2. Energi 119 kilokalori
  3. Karbihdirat 28,1 gram
  4. Lemak 0,1 gram
  5. Kalsium 24 miligram
  6. Fosfor 44 miligram
  7. Zat besi 1,4 miligram
  8. Vitamin A sebanyak 0 IU
  9. Vitamin B1 0, 17 mg
  10. Vitamin C 52 miligram

MANFAAT DAUN SUKUN

Manfaat daun sukun adalah untuk membantu mengobati berbagai gangguan kesehatan seperti :

  1. Penyakit liver
  2. Penyakit hepatitis
  3. Sakit gigi
  4. Gatal-gatal
  5. Pembengkakan pada limpa
  6. Sakit jantung
  7. Sebagai penurun asam urat berlebihan dan juga penurun resiko sakit ginjal

Kandungan yang berkhasiat di dalamnya sangat baik dalam mencegah terjadinya peradangan dengan lebih efektif. Daun sukun berdasarkan pengalaman empiris sudah terbukti bisa membantu masalah sakit ginjal.

Daun sukun yang memiliki bentuk daun yang lebar dan terlihat keras, bila dikonsumsi secara rutin mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti ginjal, asam urat serta mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

MENGOBATI PENYAKIT DENGAN DAUN SUKUN

Daun Sukun Manfaat untuk pengobatan

Daun sukun manfaat sangat efektif untuk mengobati beberapa penyakit kronis seperti penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembesaran limpa dan penyakit jantung.

Daun sukun memiliki banyak manfaat karena didukung oleh kandungan senyawa alami seperti asam hidrosianat, asetilcolin, ribofavlin, tannin da beberapa senyawa lainya. Secara empiris daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi kerusakan ginjal. Melalui penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan peneliti asal Cina disimpulkan bahwa daun sukun sangat berguna untuk mengobati penyakit kardiovaskuler.

Daun sukun manfaat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan seperti :

  1. Menurunkan kolesterol tinggi
    Cara membuat ramuan ini adalah aambillah segenggam daun sukun yang kering, kemudian campurkanlah dengan segenggam daun bangle, kemudian poponglah sampai berbentuk seperti teh, seduhlah dengan menggunakan air panas dan tunggu sampai airnya berubah menjadi dingin. Seperti Anda sedang membuat teh, maka Anda bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau menambahkannya dengan madu asli untuk membuat rasanya menjadi lebih manis.
  2. Mencegah inflamasi atau peradangan
    Daun sukun manfaat untuk mencegah terjadinya peradangan adalah sediakan 1 lembar daun sukun yang sudah tua, kemudian cucilah daun sukun tadi sampai bersih. Setelah itu rebuslah daun sukun dengan menggunakan 5 gelas air. Jika airnya sudah mendidih dan jika air rebusan tadi sudah tersisa setenganya saja, tambahkanlah air lagi dan saring air daun sukun kemudian minumlah selagi hangat. Ramuan ini harus diminum dengan teratur dan juga rutin.
  3. Makanan diet alami
    Salah satu manfaat dari daun sukun adalah untuk makanan diet alami. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang rendah kalori di dalamnya. Dibandingkan jika kita mengonsumsi ubi jalar, ibu kayu atau juga kentang, buah sukun lebih banyak mengandung protein. Dan jika dibandingkan dengan kandungan beras, kandungan dari karbohidrat dari buah sukun bisa terbilang sama dengan kalori yang lebih rendah dibandingkan kandungan dalam beras.

Untuk penderita penyakit hepatitis, maka sebaiknya carilah daun sukun yang warnanya sudah tua namun masih ada di pohon. Cara mengolah daun sukun ini adalah rebuslah 1 lembar daun sukun dengan menggunakan 4 gelas air sampai mendidih dan sampai yang tersisa adalah 2 gelas saja. Kemudian ramuan ini diminum untuk sehari sekali. Biasanya selama 2,5 bulan maka keadaan pasien akan berangsur pulih. Dan sebenarnya daun sukun yang warnanya kuning tua juga sangat baik untuk membantu mengontrol gula pada penderita diabetes.

Pemberian dari ekstrak etanol daun sukun yang warnanya kuning sangat efektif dibandingkan dengan penggunaan daun sukun hijau muda dan hijau tua. Namun ada pernyataan lain yang menyarankan bahwa penggunaan yang baik dari daun sukun adalah menggunakan daun sukun yang warnanya masih hijau karena senyawa aktif yang ada di dalamnya bisa membantu mengobati berbagai gangguan penyakit.

Daun Sukun Manfaat

Cara Beli Daun Sukun
Jual Teh Daun Sukun Untuk Mencegah Inflamasi (Peradangan), Melindungi Jantung, Mengatasi Sakit Liver dan Hepatitis, Serta Penyakit Lainnya

Harga Daun Sukun

Harga Daun Sukun

Harga Daun Sukun

Harga Daun Sukun atau teh herbal daun sukun 1 box isi 20 teh celup = Rp.95.000,-/box

Cara Pemesanan Cepat :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Daun Sukun, Jumlah Box, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

 


=====================================

>>> Daun Sukun Untuk Mencegah Inflamasi (Peradangan), Melindungi Jantung, Mengatasi Sakit Liver dan Hepatitis, Serta Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sukun and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>