Manfaat Daun Sukun

Manfaat Daun Sukun – Daun Sukun memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan, khususnya terhadap timbulnya salintitas dan keadaan fisiografi dengan adanya air tanah yang dangkal. Di Indonesia, tanaman sukun banyak dikembangkan di wilayah kabupaten Cilacap yang merupakan pusat produksi bibit sukun di Indonesia.

Daun Sukun

Daun Sukun

KLASIFIKASI DAUN SUKUN

Hampir seluruh bagian dari tanaman daun sukun untuk kesehatan ini dapat dimanfaatkan dan memiliki cir-ciri tersendiri, yakni :

  1. Akar tanaman sukun tergolong akar adventif karena sebagian besar menyebar di dekat permukaan tanah. Pada tanaman yang sudah tua, sebagian akar tersebut menyembul ke permukaan tanah dan jika dilukai dari bagian akar yang terluka tersebut akan muncul tunas baru.
  2. Daun sukun yang kaku, tebal dan besar memiliki ukuran sekitar 30-60 cm atau 20-40 cm. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau muda dan kasar. Daun tanaman sukun diselimuti dengan bulu-bulu halus. Pada saat masih berupa tunas, daun sukun berukuran panjang antara 10-20 cm tertutup oleh conting (seludang) yang besar.
    Daun sukun memiliki tangkai daun yang kokoh, berukuran panjang 3-5 cm. Tulang daun menonjol di bagian abwah atas tulang daun sukun terdapat buku-buku. Kira-kira ¾ bagian dari seluruh tepi daun berlekuk, membentuk 7-9 cangap yang berujung runcing. Pada umumnya, daun melekat pada bagian ujung cabang atau rating.

Daun sukun kaya akan kandungan kimia seperti saponin dan polifenol pada kulit batang dan daun sukun. Sukun yang merupakan famili Moraceae itu bersifat anti demam (daun sukun) serta melancarkan ASI (kulit buah sukun).

MANFAAT DAUN SUKUN

Bagian dari tanaman sukun yang banyak digunakan adalah bagian daun dan kulit buah sukun sebagai obat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut :

1. Manfaat daun sukun untuk mengatasi demam

Cuci bersih 20 gram daun sukun yang masih segar, lalu rajang kecil-kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air matang selama 15 menit. setelah dingin, saring dan air rebusan dibagi dua untuk minum pada pagi dan sore hari.

2. Manfaat Daun sukun untuk menambah ASI

20 gram daun sukun segar dicuci, lalu dirajang kecil-kecil. Rebus bahan dengan 2 gelas air mtaang selama 15 menit. setelah dingin, saring dan air rebusan dibagi dua untuuk minum pad apagi dan sore hari.

3. Manfaat Daun sukun untuk sariawan

1 lembar daun sukun yang segar dengan ukuran daun yang cukup lebar, cuci bersih dan di iris halus dan kecil-kecil, kemudian tempelkan pada bagian sariawan yang sakit.

4. Manfaat Daun sukun sebagai obat tetes telinga

Beberapa lembar daun sukun segar dicuci bersih, kemudian direbus dengan air secukupnya. Saring dan tunggu hingga dingin. Atau daun sukun dapat dibuat jus, kemudian gunakan sebagai obat tetes telinga.

Daun sukun untuk gagal ginjal. Kandungan daun sukun seperti asam hidrosianat, asetilcolin, tannin, riboflavin, dan juga beberapa jenis senyawa yang lainnya yang sangat baik dalam membantu mengobati penyakit liver, penyakit hepatitis, sakit ginjal, gatal-gatal, pembesaran pada limpa serta penyakit jantung. Cara membuat ramuan daun sukun untuk gagal ginjal adalah ambil daun sukun secukupnya saja, kemudian rebuslah daun sukun dengan menggunakan air secukupnya dan ramuan ini diminum dengan teratur. Dalam melakukan pengobatan secara alami, maka Anda harus mementingkan kedisiplinan dan juga ketelatenan dan harus dilakukan dengan rutin. Memang membutuhkan waktu yang lebih panjang. Untuk membantu mengobati penyakit jantung, maka sebaiknya pilihlah jenis daun sukun yang usianya sudah tua karena kandungan zat yang ada di dalamnya maksimal.

Namun, ada suatu hal yang harus diingat sebelum Anda mengonsumsi daun sukun khasiat. Jika Anda mengonsumsi daun sukun sebagai salah satu terapi untuk pengobatan, maka sebaiknya hindarilah konsumsi daun singkong, daun kangkung, dan juga daun bayam. Anda harus hindari jenis makanan seperti jeroan, daging merah karena akan membuat darah menggumpal menjadi kental dan membuat terjadinya kram dibagian otot.

Manfaat DAUN SUKUN UNTUK GULA DARAH

Daun sukun untuk gula darah bisa membantu menurunkan kadar gula darah juga. Daun sukun merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai efek insulin yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dan salah satu penelitian ilmiah yang dilakukan, banyak manfaat dari daun sukun ini untuk membantu mengobati gangguan kesehatan dan salah satunya adalah untuk penderita penyakit diabetes. Khasiat daun sukun sebagai obat diabetes ini sudah terbukti lewat banyak penelitian yang dilakukan.

Daun sukun untuk kolesterol tinggi dengan membuat ramuan seperti ambil segenggam daun sukun yang sudah terlebih dahulu dikeringkan dan juga bangle yang sudah terlebih dahulu diseduh dengan menggunakan air hangat, lakukanlah hal ini disaat Anda sedang membuat teh dan ramuan ini bisa Anda minum setiap hari dengan teratur.

Manfaat Daun Sukun

garis

Cara Pemesanan Kapsul Daun Sukun

Kapsul Daun Sukun Tradisional, Herbal dan Alami Untuk Mencegah Inflamasi (Peradangan), Melindungi Jantung, Mengatasi Sakit Liver dan Hepatitis, Serta Penyakit Lainnya

Harga Kapsul Daun Sukun

Daun Sukun Bagus, Daun Sukun Asli

Daun Sukun Bagus, Daun Sukun Asli

Harga Kapsul Daun Sukun 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.115.000

garis

Paket HEMAT Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Daun Sukun Alami

Paket Hemat Daun Sukun Alami

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Kapsul Daun Sukun:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Sukun, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3Botol gratis 1Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Daun Sukun Untuk Mencegah Inflamasi (Peradangan), Melindungi Jantung, Mengatasi Sakit Liver dan Hepatitis, Serta Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Sukun and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.